Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terminal WA Gara akan Ramai bila Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Melejit

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 06 April 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) WA Gara di Jalan Mahir Mahar, Kota Palangka Raya, akan ramai pada waktunya nanti. Syaratnya, pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah melejit dan menjadi triger bagi provinsi lain di Pulau Kalimantan.

Optimisme sang Menteri didasarkan atas proyeksinya terhadap pertumbuhan ekonomi Kalteng yang masih bisa digenjot karena potensi ke arah itu sangat besar. Analisis, dia, pertumbuhan ekonomi di Kalteng dapat tumbuh sebesar 6,82 persen hingga 7,18 persen pada 2018, dengan tingkat kemiskinan 5,14 persen dan tingkat pengangguran 2,30 persen.

'Kalteng ke depan memiliki prospek pertumbuhan ekonomi yang cukup besar. Karena potensinya memang ada. Pertumbuhannya akan semakin menyebar, nanti akan berkaitan dengan perekonomian di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Jadi Terminal WA Gara akan menemukan titik ramainya ketika benar-benar pertumbuhan ekonomi Kalteng melejit nantinya,' kata dia, Kamis (6/4/2017).

Dengan ekonomi yang tumbuh bagus, akan mudah menambah hilir mudik pengguna transportasi darat. Apalagi ketika akses darat antarprovinsi sudah bagus.

Sebelumnya, Kepala Bappenas itu mengakui bahwa kendala pengelolaan terminal AKAP yang bertipe A seperti terminal WA Gara ialah pada kewenangan yang tadinya ada di pemerintah daerah sekarang dikembalikan ke pusat. Hal itu seiring disahkannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru