Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengepul Akui Anjloknya Harga Getah Karet karena di Pabrik Turun

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 April 2017 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pengepul getah karet di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah mengakui sejak beberapa hari terakhir harga getah karet mengalami penurunan. Turunnya harga getah karet ini karena memang harga yang dipatok di pabrik juga sudah mengalami penurunan sejak dua pekan terakhir.

"Biasanya untuk karet jenis lumb harganya lebih mahal ketimbang karet slab, sebab kare lumb kadar airnya sedikit dibanding slab, tapi sekarang harganya turun," sebut Wandi, seorang pengepul getah karet di Kasongan kepada borneonews.co.id, di Kasongan, Kamis (6/4/2017).

Wandi mengaku untuk karet basah, pabrik getah karet di Km45 Palangkaraya yang biasa membeli karetnya mematok harga Rp9 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya dipatok hingga Rp13 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk karet kering atau yang kadar airnya rendah pihak pabrik saat ini hanya berani membandrol Rp13 ribu. Sedangkan sebelumnya pabrik bisa membeli dengan harga lebih dari Rp15 ribu.

Wandi mengaku sejak harganya turun, banyak petani yang menelepon meminta informasi harga terkait getah karet ini. "Banyak juga yang mau jual getah ke kita, tapi mereka minta harga tetap tinggi, sementara pabrik membelinya dengan harga turun, akhirnya kita juga tidak berani beli." (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru