Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Tanah Siang Paling Banyak Mengirimkan Peserta

  • Oleh Supri Adi
  • 07 April 2017 - 07:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Seluruh kecamatan di Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah. tanpa kecuali ikut serta dalam kegiatan Festival Budaya Tira Tira Tangka Balang. Dalam kegiatan yang pembukaannya dilaksanakan di Gedung Futsal Tana Malai Tolung Lingu, Puruk Cahu, Kamis (6/4/2017) malam, Kecamatan Tanah Siang paling banyak mengirim peserta.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Kegiatan, Regita mengatakan dari 10 kecamatan, Kecamatan Tanah Siang paling banyak mengirim jumlah kontingen pada kegiatan yang dilaksanakan dari 6-9 April 2017. "Kontingen Tanah Siang berjumlah 111 orang deng ikut 21 cabang lomba. Sementara yang paling sedikit adalah Kecamatan Sumber Barito dengan jumlah 31 orang dengan ikut 15 cabang lomba."

Regita, yang juga Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Murung Raya, memaparkan untuk Kecamatan Murung jumlah kontingen 37 orang dengan ikut enam cabang lomba, Kecamatan Laung Tuhup dengan peserta 65 orang dengan cabang lomba yang diikuti sebanyak 17 lomba.

Kontingen Kecamatan Barito Tuhup Raya sebanyak 66 orang dengan lomba yang diikuti 17 cabang, Kecamatan Tanah Siang Selatan dengan peserta 48 orang dengan ikut cabang lomba delapan cabang, Kecamatan Pertama Intan dengan peserta 72 orang dengan cabang lomba 20 cabang

"Kecamatan Sungai Babuat jumlah peserta 75 orang dengan ikut 17 cabang lomba, Kecamatan Uut Murung 76 orang dengan cabang lomba yang diikuti 15 cabang dan terakhir, Kecamatan Seribu Riam dengan jumlah peserta 50 orang, ikut 20 cabang lomba," sebut Regita lagi.

Secara keseluruhan, Festival Budaya Tira Tangka Balang 2017, diikuti sebanyak 631 peserta dari 10 kecamatan. Tahun ini, Festival Budaya ini menampilkan 16 cabang lomba.

"Jenis lomba yang dipertandingkan di antaranya, tari tradisional atau pedalaman, tari pesisir, sepak sawut, manetek atau maneweng atau manyila kayu, mengenta, malamang, dayung tradisional putra dan putri, besei kambe putra dan putri, balogo putra dan putri, serta gasing putra dan putri," sebut Regita.

Cabang lainnya yang turut dilombakan, yakni mangaruhi, penyipet putra dan putri, karungut putra dan putri, lawang skepeng atau pencak silat, lomba lagu daerah, dan terakhir pemilihan putra putri parawisata.

Para pemenang lomba akan mendapatkan piagam penghargaan, uang pembinaan, serta trofi. Para pemenang terbaik akan dikirim untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang, Mei 2017, di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. (SUPRIADI/N).

Berita Terbaru