Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Korban Gigitan Anjing Harus Diberikan Penanganan Cepat

  • Oleh Norhasanah
  • 07 April 2017 - 11:12 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kasi Pengendalian Kesehatan (P2) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara, Benson Nababan mengatakan, korban gigitan anjing harus diberikan penanganan cepat agar terhindari dari kemungkinan terserang virus rabies.

"Apabila ada warga yang digigit anjing, petugas kita langsung memberikan penanganan dengan melakukan vaksinasi terhadap korban.' kata Benson Nababan, Jumat (7/4/2017).

Terkait itu, dia berpesan kepada seluruh masyarakat agar segera meminta penanganan tim medis jika digigit anjing liar.

"Pemeriksaan bisa dilakukan di puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya. Jangan membiarkan gigitan tersebut berlarut, sebab apabila ternyata anjing yang mengigit membawa virus maka penanganan yang diberikan bisa terlambat.' jelasnya.

Selain itu, Benson mengatakan, saat digigit, langkah awal yang perlu dilakukan korbannya adalah membersihkan luka dengan air bersih, tidak membiarkannya begitu saja agar virusnya tidak langsung masuk dan menyebar.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Sukamara menerima laporan empat orang karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit menjadi korban serangan anjing liar. Saat ini korban sudah mendapat pertolongan medis. 

'Kita belum menerima laporan resmi dari puskesmas apakah empat korban tersebut terinveksi rabies. Tetapi mereka sudah divaksinasi," pungkasnya. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru