Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Honor SMA dan SMK di Kapuas Tiga Bulan Belum Gajian

  • Oleh Hamdi
  • 07 April 2017 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Guru honor yang bekerja di SMA dan SMK Kabupaten Kapuas harus menelan pil pahit. Selama tiga bulan, yakni sejak Januari 2017 hingga April ini belum menerima gaji. "Saya menjadi guru honor sudah sembilan tahun, dari 2008. Dari akhir Januari sampai sekarang saya belum menerima gaji, rasanya saya kurang semangat, kecewa juga, tapi mau gimana lagi," keluh Syahriau, guru honor di SMKN 1 Kuala Kapuas, Jumat (7/4/2017).

Syahriau berharap pemerintah segera membayar gaji guru honor yang tertunda. Sebab, tidak menutup kemungkinan terlambatnya pembayaran gaji honor berdampak pada kualitas pendidikan. Apalagi, masih banyak sekolah-sekolah yang mengandalkan guru honor untuk mengajar anak didiknya. Lantaran jumlah guru PNS yang minim.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Kuala Kapuas, During menjelaskan, sejak 2016 gaji guru honor sudah dianggarkan 20% dari anggaran Musda Kabupaten Kapuas. Namun, dengan adanya pengalihan kewenangan SMA dan SMK ke Provinsi, gaji guru honor bukan lagi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Tetapi, lanjutnya, Gubernur pernah menyampaikan, gaji guru honor ini masih ditanggung oleh kabupaten. Akibat saling lempar kewenangan ini, dan tidak ada kejelasan, akhirnya sejak akhir Januari sampai sekarang guru honor belum menerima gaji.

"Saya tetap mengapresiasi guru-guru saya di sini. Walau tidak digaji mereka tetap mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Harapan saya, mudah-mudahan gaji guru honor ini cepat dibayar," harap During. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru