Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Rendah

  • 07 April 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun ' Sejumlah peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyebut tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan kepada mereka masih sangat rendah. Jumlah pasien yang membludak dan antrean panjang di fasilitas kesehatan terutama rumah sakit menjadi kendala serius kepuasan masyarakat atau peserta terhadap program layanan BPJS Kesehatan.

'Selama antrean pasien di rumah sakit rujukan dan fasilitas kesehatan tidak diatasi dengan penambahan mitra BPJS, maka tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan masih menjadi kendala serius,' kata salah satu penggiat LSM di Kabupaten Kobar, Advento Tambunan, Jumat (7/4/2017).

Salah satu penyebab rendahnya kualitas pelayanan BPJS Kesehatan, sebut dia, adalah jumlah pasien melebihi kemampuan rumah sakit tersebut. 'Tingginya jumlah peserta ini harus dibarengi dengan peningkatan kualitas dan kapasitas,' pintanya.

Ia menyesalkan beberapa kejadian yang dialami para peserta BPJS Kesehatan saat mendapat pelayanan kesehatan di klinik, rumah sakit maupun puskesmas provider. 'Saya pernah mendapat informasi ada pasien dirawat di lorong rumah sakit, ini kan miris,' cetusnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru