Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prostitusi Terselubung Pemicu Penyebaran HIV/AIDS

  • 07 April 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun ' Banyaknya tempat prostitusi terselubung di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) disebut sebagai pemicu bertambahnya warga yang terinfeksi HIV/AIDS terus meningkat setiap tahunnya.

Salah satu relawan yang pernah menjadi pendamping orang dengan HIV/AIDS (ODHA), Suhendar menyebutkan, tempat prostitusi terselubung biasanya berkedok karaoke, salon, dan warung remang-remang. 'Penularan HIV/AIDS di kalangan mereka ini yang paling susah dijangkau,' kata Suhendar, Jumat (7/4/2017).

Sebelumnya, pihaknya pernah mendatangi seluruh tempat karaoke dan warung remang, namun pelaku usaha tidak mengakui adanya transaksi seksual di tempat usahanya. 'Memang bisa saja di sana tidak ada transaksi seksual, hasil survei kita, transaksi seksual dilakukan di hotel,' bebernya.

Namun, sebut dia, keanehan yang terjadi saat pihaknya meletakkan kondom gratis di tempat-tempat yang memang rawan penyebaran HIV/AIDS selalu habis. Kondom gratis diletakkan untuk mengantisipasi penularan atau kasus baru. 'Hiburan malam, salon plus-plus, karaoke dan panti pijat, paling cepat habis,' ungkapnya.

Ia menegaskan, korban yang tertular HIV/AIDS bukan penderita melainkan terinfeksi. Karena mereka (yang terinfeksi) tidak merasakan sakit dan tetap sehat, jika masih terinfeksi HIV. 'Kalau sudah AIDS, sudah menunjukkan timbulnya gejala-gelaja penyakit, seperti TBC, kanker kulit, diare berkepanjangan dan timbulnya gelenjar getah bening,' jelasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru