Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Rescue Reaksi Cepat Seksi Konservasi Wilayah 1 Sita Orangutan di Katingan

  • Oleh Roni Sahala
  • 07 April 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Rescue Reaksi Cepat Seksi Konservasi Wilayah 1 (TRRC SKW 1) menyita seekor orangutan dari tangan warga bernama Dumeri, di Desa Hampalam, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan, Kamis (6/4/2017).

Keberadaan orangutan di tangan Dumeri diketahui dari akun Facebook dengan nama pengguna Minal Minal. Akun itu mengunggah gambar orangutan yang diberi makan nasi. Postingan tersebut kemudian dihapus sekitar 3 jam kemudian.

Namun kebetulan ada yang menginformasikan ke staf World Wide Found for Nature (WWF) yang kemudian diteruskan ke Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Berbekal informasi itu, tim TRRC SKW 1 yang terdiri petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng dan Yayasan BOS, melakukan penelusuran.

"Setelah mendapat informasi yang cukup kami kemudian berangkat ke Desa Hampalam dan berdialog dengan Dumeri yang memelihara orangutan itu," ujar Divisi Informasi dan Pendidikan Yayasan BOS, Monteredo 'Agung' Friedman, Jumat (7/4/2017).

Setelah bernegoisasi, petugas kemudian menyita orangutan dari tangan Dumeri dan membawanya ke fasilitas reintroduksi BOS Nyaru Menteng. (RONI SAHALA/B-3)

Berita Terbaru