Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Harapkan Bantuan Plastik Antisipasi Mengatasi Hama Tikus

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 April 2017 - 19:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Petani padi di Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berharap agar pemkab setempat memberi bantuan  plastik mengantisipasi penyerangan hama tikus.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Samuda RA Basuki, di mana saat ini pihaknya masih kesulitan  menghindari serangan hama tikus terhadap padi yang mereka tanam.

"Cukup banyak padi kami yang jadi incaran hama tikus, sehingga banyak padi petani yang rusak," ujar Basuki.

Serangan hama tikus tersebut dianggap petani sangat merugikan. Karena yang dimakan hewan pengerat  itu bukan hanya padi saja. Namun juga menggali pohonnya hingga roboh. 

Karenanya petani meminta agar pemerintah memberi bantuan berupa plastik yang biasanya dipasanga melingkar mengeliling sawah, agar hama tikus tidak mudah masuk.

"Barang tersebut digunakan untuk pagar sawah. Sehingga tikus tidak bisa masuk ke dalam dan merusak tanaman mereka. Kalau pakai plastik maka tikus tersebut tidak akan bisa masuk. Mau menggali tanah juga tidak bisa, karena kondisi lahan berair. Sehingga tanaman padi mereka bisa terjaga dengan aman," kata Basuki.

Untuk saat ini, banyak padi yang ditanam mereka merupakan jenis lokal yakni siam epang. Sedangkan untuk menahan serangan para tikus, maka mereka berusaha menjaga dan mematikan hewan tersebut.

"Plastik panjang sangat kami harapakan, saya berharap agar hal trsebut bisa terealisasi," trang Basuki

Sementara di Kotim sendiri saat ini tengah menjalankan serapan gabah petani lokal. Sengan adanya gangguan dari hama tersebut, maka petani akan kesulitan untuk mendapatkan gabah dengan kuliatas bagus. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru