Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lebih Sulit Bangun Kesadaran Warga Daripada Bangun Infrastruktur Sanitasi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 07 April 2017 - 19:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Penjabat Sekretaris daerah (Sekda) Kalteng Sahrin Daulay mengatakan, pembangunan sanitasi tidak hanya mencakup pembangunan infrastruktur fisik semata. Tetapi juga membangun kesadaran masyarakat.

"Justru membangun kesadaran ini lah yang lebih sulit. Beberapa kawasan permukiman masih dengan mudahnya menjumpai warga buang air besar di sungai sementara disisi lain warga lainnya sedang mandi dan mencuci tak jauh dari tempat itu," kata Sahrin kepada Borneonews, Jumat (7/4/2017).

Membangun kesadaran masyarakat, kata Sahrin, berupa pemicuan untuk peduli akan pentingnya sanitasi serta kegiatan advokasi pada unsur pemerintah daerah mulai pada tahapan awal perencanaan dan penyiapan kelembagaan hingga pada penyelenggaraan pasca konstruksi.

'Apabila masyarakat sudah memiliki kesadaran dan kebiasaan hidup bersih dan sehat, maka insfrastuktur sanitasi yang dibangun akan dapat terpelihara dan dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan,' tegas Sahrin.

Ia berharap, penanganan sanitasi dilaksanakan dengan baik, yaitu terencana dan terintegasi, seperti menjadi penekanan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat pidato di Musrenbang Provinsi di Aula Jayang Tingang Kamis kemarin.

'Seperti kata Bu Menteri, sanitasi adalah merupakan hal yang hulu. Kalau sanitasi bermasalah, maka hilirnya yaitu kesehatan masyarakat juga pasti akan bermasalah. Karena itu perlu strategi komperehensif, jangka panjang, dan terintegrasi dan melibatkan banyak pihak,' tutupnya. (ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru