Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Bambang: Bung Karno tak Nyaman karena Jakarta Peninggalan Belanda

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 April 2017 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ada hal menarik apa yang diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang PS Brodjonegoro terkait sisi historisnya kenapa Bung Karno, Presiden Pertama RI Soekarno biasa dipanggil, ingin memindahkan Ibukota RI dari Jakarta dan mendesain pindah di Palangka Raya.

Alasan ini bahkan disebut tidak banyak pihak yang mengungkap atau mengutip. Yaitu bahwa pusat pemerintahan Hindia Belanda saat itu adalah Jakarta atau Jayakarta. Praktis, dengan menggunakan Jakarta, sama halnya dengan mewarisi peninggalan penjajahan Belanda. Seharusnya bangsa Indonesia mampu menentukan pusat pemerintahannya sendiri.

'Bung Karno kenapa ada ide ke Kota Palangka Raya Karena dia tidak merasa nyaman. Sebab Jakarta sebagai pusat pemerintahan itu adalah didesain oleh Belanda. Artinya ia warisan atau peninggalan penjajah, bukan hasil desain anak bangsa sendiri. Itulah semangat nasionalismenya Bung Karno,' terang Kepala Bappenas ini.

'Mudah-mudahan presiden saat ini serius pertimbangan sisi sejarah ini. Selain juga karena memindahkan Jakarta berarti memindahkan ekosistem yang ada disana. Harus ada kajian bagus dan komperehensif," lanjut dia.

Dari sisi keuangan, Bambang menyebut harus ada skema yang karena kepindahan ibukota Jakarta tersebut yang sekira tidak memberatkan APBN nantinya. Salah satu yang bisa diandalkan menurut Bambang adalah pola Publik Private Partnership. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru