Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setelah Rugi, Austindo Nusantara Raup Laba Bersih US$9,2 Juta

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 08 April 2017 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Laba bersih PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) tahun lalu mencapai US$9,2 juta (Rp122,7 miliar), peningkatan yang signifikan dari kerugian bersih pada 2015 sebesar US$8,4 juta (Rp112,11 miliar).

"Pendapatan sebelum pajak, bunga, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) 2016 tumbuh 49% menjadi US$35,3 juta. Meskipun pendapatan kami meningkat 6,7% dari 2015, laba bersih dari EBITDA meningkat lebih signifikan daripada pendapatan kami dan dicapai melalui pengelolaan kegiatan operasional dan keuangan yang hati-hati," kata Direktur Utama Austindo Nusantara Jaya, Istini T. Siddharta, di Jakarta, baru-baru ini.

Selain itu, ANJ memperoleh manfaat dari kenaikan signifikan harga jual rata-rata CPO dan PKO dibandingkan dengan 2015. Pendapatan perusahaan meningkat menjadi US$134,4 juta, naik 6,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar US$126 juta.

Istini memproyeksikan harga CPO masih stabil kendati sejumlah pihak memprediksi harga CPO akan turun karena produksi pada tahun ini berlimpah.

"Kami optimistis karena ditunjang oleh faktor yang mempengaruhi harga CPO yaitu permintaan dari Tiongkok dan India sebagai konsumen terbesar masih menguat. Selama kondisi ekonomi ke dua negara tersebut membaik, harga CPO akan turut terangkat," papar dia.

Dari seluruh sektor pendapatan ANJT, kelapa sawit tetap memberikan kontribusi paling besar, yakni 94%, sedangkan sektor energi terbarukan 5%, dan lainnya 1%. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru