Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tumpukan Sampah di Jalan Panjaitan Selatan Meluber Hingga ke Jalan dan Berbau Menyengat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 April 2017 - 15:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tumpukan sampah rumah tangga di Jalan Panjaitan Selatan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meluber hingga ke jalan, Minggu (9/4/2017). Bahkan menutupi saluran drainase.

Kondisi itu sudah terlihat sejak sepekan terakhir. Namun tidak ada perhatian baik dari kelurahan, kecamatan, maupun dinas terkait.

Keadaan tersebut tidak hanya membuat drainase tersumbat, dan sampah berhamburan ke jalan saja. Namun juga menimbulkan bau tak sedap yang sangat menyengat. 

Ravik, warga Jalan Juanda 30, Kecanatan Mentawa Baru Ketapang, mengatakan hampir setiap hari melintasi jalan tersebut baik itu hendak berangkat kerja maupun pulang kerja tumpukan sampah itu tak pernah ditangani.

"Sampahnya sudah berhamburan ke jalan. Apalagi baunya, sangat tidak sedap dan menyengat," ujar Ravik.

Ravik khawatir dengan adanya tumpukan sampah yang tidak pernah terangkut tersebut menjadi sarang penyakit yang bisa saja sewaktu-waktu menyerang warga.

Selain itu, dengan tumpukan sampah yang sudah menutup drainase juga bisa berdampak pada terganggunya aliran air saat hujan deras turun.

'Tentu itu bisa menyumbat drainase, dan airpun tidak bisa mengalir deras. Hingga berakibat banjir di sekitar daerah tersebut,' kata Ravik.

Memang selama ini di tempat tersebut disediakan dua buah bak sampah. Namun pemerintah daerah sudah tidak menaruhnya lagi, dan memasang pagar kayu serta spanduk imbauan agar tidak membuang sampah di tempat tersebut.

Namun spanduk imbauan itu hanya menjadi pajangan saja, karena masih banyak warga dengan sengaja membuang sampah di sana. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru