Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Pengendara di Bawah Umur Terjaring Razia Motor

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 April 2017 - 18:28 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Razia lalu lintas yang digelar jajaran Polres Kotawaringin Timur (Kotim) pada Sabtu (9/4/2017) malam, berhasil menjaring ratusan pengendara motor, di antaranya masih dibawah umur. 'Banyak anak di bawah umur yang mengendarai motor, dan itu yang menjadi perhatian kami,' ujar Kapolres Kotim AKBP Johanes Pangihutan Siboro melalui Kasat Lantas AKP Boni Arifianto.

Saat razia berlangsung, anak di bawah umur yang terjaring nampak pasrah, namun ada juga yang terlihat gugup dan kebingungan ketika aparat meminta mereka untuk menunjukkan surat izin mengemudi (SIM). Lantaran tidak bisa menunjukkan SIM  polisi langsung mengamankan kendaraan yang mereka gunakan.

'Saat kami tanya SIM tapi tidak bisa menunjukkan, artinya mereka belum boleh mengendarai motor, karena memang usinya masih di bawah umur. Sehingga langsung saja kami tilang,' lanjut Boni.

Selain menilang kendaraan anak di bawah umur, polisi juga memanggil orangtua yang bersangkutan. Hal itu dilakukan demi memberi pengetahuan agar anaknya tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan, sebelum memiliki SIM.

Sementara itu, dalam razia tersebut, ratusan motor berhasil terjaring dalam kurun waktu satu jam saja. Pelanggaran yang dilakukan berupa tidak membawa dokumen kendaraan, SIM, dan juga kelengkapan berkendara, seperti helm, spion, dan juga pelat nomor polisi (nopol). (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru