Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Bandara Muara Teweh yang Diplot Proyek Prioritas Nasional

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 09 April 2017 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Di antara sejumlah bandara yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, hanya Bandara Muara Teweh yang di plot masuk sebagai proyek prioritas nasional. Artinya, bandara lainnya seperti di Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Murung Raya, tidak masuk dalam bandara yang diperhitungkan oleh pemerintah pusat.

'Kalau melihat dari paparan Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN) atau Kepala Bappenas, hanya satu bandara di sana (Barito) yaitu Bandara Muara Teweh, lainnya tidak,' ungkap Penjabat Sekretaris Daerah Kalteng Sahrin Daulay kepada Borneonews.co.id, Minggu (9/4/2017).

Selain pembangunan fisik bandara, Kabupaten Barito Utara juga memperoleh proyek nasional berupa pembangunan jalan menuju Bandara Muara Teweh. Proyek itu didanai sepenuhnya dari anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN).

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyebut akan menjadi proyek mubazir bila sampai di DAS Barito dibangun tiga bandara sekaligus. Bahkan, Gubernur menyebut bupatinya gila proyek jika sampai hal itu terjadi. Saat kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, belum lama ini, Gubernur juga meminta sang Menteri mengevaluasi tiga bandara di DAS Barito. Selain itu,Gubenur turut minta Menteri Budi meninjau kembali proyek Pelabuhan Batanjung di Kabupaten Kapuas.(ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru