Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan dan DLH Tanam Bakau dan Bersihkan Sampah Pantai

  • 11 April 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memperingati Hari Bumi tahun 2017, relawan dari berbagai komunitas di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat kompak membersihkan sampah dan menanam pohon bakau di sekitar Pantai Kubu, Kecamatan Kumai, Senin (10/4/2017).

Melalui rilis yang diterima Borneonews, kegiatan itu diinisiasi oleh Manggala Agni Daops III Pangkalan Bun, Orangutan Foundation-UK, Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin), FK3I Korda Kalimantan Tengah, Sispala SMAN 1 Pangkalan Bun, SMAN 2 Pangkalan Bun, SMAN 3 Pangkalan Bun, SMKN 1 Pangkalan Bun, dan SMKN 2 Pangkalan Bun.

Tahun ini, mereka mengangkat tema 'Enviromental and Climate Literacy' dan Sub Tema 'Kebakaran Hutan dan Pengelolaan Sampah'. Kegiatan itu mendapat dukungan dari beberapa lembaga diantaranya, Dinas Lingkungan Hidup Kobar, Dinas Pariwisata Kobar, Balai TN Tanjung Puting, Balai KSDA SKW II Pangkalan Bun, The Friends Of The National Park Foundation (FNPF) dan Care For Tanjung Puting (CTP).

Selain membersihkan pantai, mereka juga melakukan sosialisasi tentang kebersihan lingkungan kepada masyarakat Desa Kubu, Pemasangan papan-papan informasi berisi himbauan untuk sadar akan kebersihan lingkungan dan penanaman bibit bakau (Rhyzopora Sp.) sebanyak 50 bibit.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala DLH Kabupaten Kobar, Fahrizal Fitri mengaku akan selalu memberikan dukungan kepada pihak manapun yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan yang digelar, merupakan aksi nyata terhadap kepedulian lingkungan.

"Lokasi kita di tepi pantai Kubu, kita punya tanggung jawab menjaga lingkungan terutama pantai agar tetap bersih, nyaman dan lestari," sebutnya.

Peserta, ujar Fahrizal Fitri, diajak untuk mengumpulkan sampah kertas, plastik dan styrofoam sebanyak-banyaknya. "Semoga saja tahun-tahun berikutnya kita bisa terus-menerus memperingati Hari Bumi Sedunia dengan kegiatan postif semacam ini lagi," pungkasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru