Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDN 3 Kurun Kabupaten Gunung Mas Miliki Kotak Kejujuran

  • 11 April 2017 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) saat ini memiliki kotak kejujuran. Keberadaan kotak kejujuran tersebut mengajarkan para pelajar di sekolah itu supaya jujur.

Kepala SDN 3 Kurun, Belie mengatakan, fungsi dari kotak kejujuran yakni sebagai tempat menyimpan benda-benda yang ditemukan oleh para siswa di lingkungan sekolah. Kemudian, diumumkan supaya yang merasa kehilangan bisa melihat ke kotak kejujuran dan mengambil barang yang hilang.

"Bagi siswa yang menemukan benda di lingkungan sekolah, bisa disimpan di kotak kejujuran dan akan kami umumkan. Kemudian, nama siswa dicatat di buku yang telah disediakan," ujar Belie di sekolahnya, Selasa (11/4/2017).

Kemudian, lanjutnya, bagi yang merasa kehilangan bisa langsung melihat ke kotak kejujuran. "Bila benar benda yang hilang ada di kotak kejujuran, maka dipersilakan untuk mengambil dan mencatat namanya di buku yang disediakan," terang Belie.

Menurut Belie, kotak kejujuran untuk mengajarkan para siswa supaya jujur. Artinya, bila menemukan barang milik orang lain, apalagi barang berharga, seperti uang dan lainnya supaya tidak mengambil barang tersebut.

"Di dalam kotak kejujuran banyak barang yang tidak diambil. Baik itu alat tulis, uang dan lainnya. Kami juga memberi penghargaan kepada siswa yang paling sering menemukan barang dan menyerahkan ke kotak kejujuran," pungkasnya. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru