Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Kelapa Sawit, Karet dan Lada Terus Naik

  • Oleh Cecep Herdi
  • 11 April 2017 - 18:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus mendorong masyarakat untuk menanam banyak komoditas perkebunan. Upaya itu berdasar pada tingginya harga di pasaran.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kobar Kamaludin mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir ini harga komoditas perkebunan sangat tinggi. Hal ini diharapkan bisa terus stabil agar petani di Kobar sejahtera. "Harga komoditas perkebunan sedang tinggi. Baik itu kelapa sawit, karet dan lada. Kami harap ini bisa stabil terus menerus," kata Kamaludin, Selasa (11/4/2017).

Ia menjelaskan, untuk komoditas kelapa sawit harganya Rp1.500 per kilogram. Harga ini terbilang cukup tinggi karena beberapa waktu lalu kelapa sawit milik petani cuma dihargai Rp700 sampai Rp800 saja.

Kemudian untuk perkebunan lada juga semakin eksis seiring harga lada yang cukup tinggi mencapai Rp210 ribu per kilogram. Untuk pengembangan lada ini banyak ditemui di Kecamatan Pangkalan Lada. "Karet juga Rp11 ribu per kilogram sebelumnya Rp9.500 per kg. Biasanya petani mengeluh ketika harga karet Rp7.500 per kg," katanya.

Dengan harga komoditas perkebunan yang tinggi, tentu para petanilah yang bisa merasakan dampaknya. "Dalam tiga bulan terakhir ini harga justru terus merangkak naik," jelasnya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru