Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alih Fungsi Lahan tak Terkendali

  • Oleh Cecep Herdi
  • 11 April 2017 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perkebunan kelapa sawit dan karet saat ini tengah populer di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Tak sedikit petani yang awalnya bercocok tanam padi, jagung, kedelai, cabai, dan tanaman sayuran dan palawija lainnya beralih menanam kelapa sawit. Keuntungan yang menjanjikan membuat para petani di Kobar tak berfikir panjang beralih fungsi lahan pertanian menjadi perkebunan.

"Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah. Kami sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan alih fungsi lahan," ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kobar, Kamaludin (11/4/2017).

"Memang untuk saat ini komoditas perkebunan sangat bagus. Namun bercocok tanam padi juga tidak kalah pentingnya," kata dia.

Ia meminta para petani untuk berimbang, menanam perkebunan dan pertanian. Sehingga ada penopang untuk mencukupi bahan makanan. "Jangan ketika panen sawit, hasilnya habis buat belanja beras, sayuran. Baiknya itu berimbang dan beriringan," ujarnya.

Ia mengaku selama ini 45% makanan dipasok dari pulau jawa. 35% dari Kobar dan 20 persen dari daerah lain di Kalimantan. "Kita juga terus menggenjot agar sektor pertanian juga bisa tumbuh kembang dengan pesat. Secara perlahan kebutuhan pangan akan bisa kita cukupi nantinya," pungkasnya. (CECEP HERDI/B-10)


TAGS:

Berita Terbaru