Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas BKSDA dan Yayasan BOS Nyaru Menteng Sita Orangutan Betina dari Warga Maliku

  • Oleh James Donny
  • 11 April 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah bersama Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng menyita orangutan peliharaan warga di Desa Maliku Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (11/4/2017).

Primata berjenis kelamin betina ini diperkirakan berusia 1 tahun 7 bulan dan dipelihara warga dengan baik. "Melihat dari usiannya, orangutan ini sudah lama dipelihara oleh keluarga Pak Sehatmi, dan berdasarkan informasi orangutan ini diperoleh Pak Sehatmi saat terjadi kebakaran hutan dan lahan pada 2015 di wilayah Sebangau," kata Koordinastor Komunikasi dan Edukasi Nyaru Menteng Menterado Fridman kepada Borneonews.

Kondisi orangutan saat penyitaan dalam keadaan sehat. Namun untuk memastikannya, perlu dicek lebih lanjut. "Saat ini akan kita bawa ke pusat rehabilitasi orangutan BOS Nyaru Menteng di Palangka Raya," kata Monterado.

Ia mengatakan, evakuasi orangutan itu dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi dari aparatur di Desa Maliku Baru yang kebetulan anggota mahasiswa pencinta alam. Upaya yang dilakukan tersebut juga sebagai bentuk komitmen dengan Pemkab Pulang Pisau untuk melindungi orangutan yang ada di Kalimantan Tengah.

Dalam kerjasama tersebut, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menyediakan sebagian wilayah di Selat Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, untuk dijadikan kawasan konservasi orangutan. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru