Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Sungai dalam Kota Kuala Kapuas Makin tak Terawat

  • 11 April 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sungai Ulis dan Sungai Usang di dalam kota Kuala Kapuas terlihat makin tidak terawat. Kedua sungai itu dipenuhi tanaman, sampah dan kebuntuan buntu hingga menjadi semak belukar. Sungai tersebut pun kini menjadi dangkal.

Dua sungai yang semula air mengalir pasang-surut dan digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan memasak, kini sudah tidak dapat digunakan lagi. Bahkan dulunya, sungai itu bisa dilewati kelotok kecil untuk memuat barang dan sayuran. Sungai yang berubah menjadi semak belukar itu, kini juga menghambat keluar masuknya air ke lahan pertanian warga.

"Tahun 2016 lalu, petugas kebersihan sepertinya dari Dinas PU pernah membersihkan. Tetapi membersihkan seadanya saja, hanya ditebas semak belukar bagian atasnya saja, sehingga tidak berpengaruh pada kondisi sungai. Biasanya kami warga yang bergotong royong bersihkan sungai. Tetapi karena kondisinya sudah sangat parah, kami tidak mampu lagi membersihkannya," ungkap Hamsinah (40) warga Handel Ulis Kecamatan Selat Kota Kuala Kapuas.

Dia juga mengaku kebingungan, apakah dinas atau bidang terkait tidak mengetahui kondisi ini. Padahal sungai ini terletak persis di pinggir Jalan Pemuda, jalan yang setiap hari dilewati pegawai dan masyarakat menuju Kantor Bupati Kapuas. (DJIMMY NAPOLEON/B-10)


TAGS:

Berita Terbaru