Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Pertanyakan Kesiapan Pemerintah Provinsi Kelola SMA

  • Oleh Ramadani
  • 11 April 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Peralihan kewenangan pengelolaan administrasi sekolah menengah atas (SMA) sederajat dari pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi ternyata menimbulkan masalah baru.

Belum lama ini, sejumlah guru honor di SMAN 5 Lemo mendatangi DPRD Kabupaten Barito Utara mengeluhkan gaji mereka yang belum dibayar.

Terkait hal ini, anggota DPRD Barito Utara Taufik Nugraha, mengatakan bahwa pihaknya mempertanyakan kejelasan peralihan pengelolaan SMA atau sederajat kepada Pemerintah Provinsi Kalteng, terutama terkait kesiapan mereka.

Sebab, meski kewenangan pengelolaan telah berada di provinsi, penggajian guru honor tetap dibebankan kepada pemerintah kabupaten. 'Kita dalam hal ini bertanya saja kepada Pemerintah Provinsi Kalteng, siap atau tidak menyelenggarakan pembinaan terhadap SMA/ SMK di daerah ini. Sebab merupakan tanggung jawab dari Gubernur dan bawahannya,' katanya.

Selain itu, Taufik juga menyoroti kurangnya informasi mengenai dunia pendidikan di Kabupaten Barito Utara, khususnya terkait dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah.

'Untuk itu kami merekomendasikan agar Dinas Pendidikan segera membuat data base. Data base itu juga dapat digunakan dalam pembahasan APBD 2017,' kata politisi PDIP ini. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru