Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sabuk Pantai Diharapkan Mampu Atasi Abrasi di Ujung Pandaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 April 2017 - 03:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pembangunan sabuk pantai diharapkan mampu mengurangi atau menghilangkan adanya abrasi di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Setelah sabuk pantai itu selesai dibangun, diharapakan abrasi di Ujung Pandaran tidak ada lagi. Sehingga bisa dijadikan hamparan daratan kembali," ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Jakatan.

Menurut Jakatan, saat ini sedang dilaksanakan lelang proyek pembuatan sabuk pantai tersebut. Kegiatan dan semua prosesnya ditangani pemerintah pusat, sedangkan daerah hanya selaku penerima bantuan dan memfasilitasi pelaksanaannya supaya berjalan lancar.

"Kalau saat ini sudah lelang, mudah-mudahan Juni nanti pembangunannya bisa dimulai. Kami sudah ke lapangan bersama tim dari pusat untuk menentukan titik nol sabuk pantai. Nanti pembangunannya menyambung bangunan pemecah gelombang yang sudah ada," jelas Jakatan.

Desa Ujung Pandaran merupakan konsentrasi terbesar nelayan di Kotim. Pantai setempat juga menjadi objek wisata andalan kabupaten ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru