Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Katingan: Gara-gara Politik Jangan Saling Tidak Bertegur Sapa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 April 2017 - 14:27 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gara-gara masalah politik jangan sampai kemudian tidak bertegur sapa antara satu warga dengan warga lainnya.

"Jangan karena gara-gara masalah politik, satu keluarga di dalam rumah itu tidak saling bertegur sapa," pesan Sekda Katingan Nikodemus saat memberikan sambutan pada acara pelatihan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan di Aula Dispenda, Rabu (12/4/2017).

Menurut Sekda masalah politik, itu dapat menimbulkan konflik, baik antar sesama keluarga di lingkungan rumah, maupun antara warga satu dengan lainnya.

"Masalah politik ini bisa saja menyebabkan konflik, dan saya berpesan masalah politik ini tidak boleh berpengaruh terhadap pergaulan sosial di masyarakat," katanya.

Untuk itu, Sekda mengajak kepada para peserta pelatihan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan ini agar belajar berdemokrasi yang baik.

Pasalnya, sikap politik, itu jangan sampai mempengaruhi sifat sosial di masyarakat. "Sistim politik sekarang ini tidak sesuai sila keempat Pancasila, yaitu, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Dulu presiden, gubernur dan bupati dipilih oleh DPR/DPRD, namun setelah reformasi Indonesia memilh demokrasi dalam penyelenggaraan negara, yaitu pemilihan langsung oleh masyarakat.

Sehingga banyak undang-undang yang diubah, namun dalam perjalannya ada yang ingin kembali ke sisitim lama.

"Oleh karena itu kita harus bisa belajar memahami dan memaklumi, sebab demokrasi seperti itu, dan demokrasi lahir karena dari rakyat. Oleh karena itu kia harus siap apa yang disebut suara terbanyak dalam pemilu, di luar DKI," sebutnya.

Sekda Nikodemus berharap pada pemillihan kepala daerah 2018 mendatang, pilkada bisa berlangsung indah, cantik dan melahirkan pemimpin yang memang pilhan rakyat. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru