Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

11 Desa di Sukamara Bebas Perilaku BAB Sembarangan

  • Oleh Norhasanah
  • 12 April 2017 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara Ahmad Lamsidi mengatakan, saat ini di wilayahnya ada 11 desa yang sudah bebas dari perilaku Buang Air Besar BAB) sembarangan.

'Ke-11 desa tersebut tersebar di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Sukamara, dan untuk desa lainnya masih dalam proses agar juga bisa Open Defecation Free (ODF),' kata Ahmad Lamsidi, Rabu (12/4/2017).

Ke-11 desa tersebut,  adalah Sungai Bundung, Sei Raja, Sei Tabuk, Pudu, Natai Sedawak, Sekuningan Baru, Bukit Sungkai, Bangun Jaya, Natai Kondang, Laman Baru, dan Jihing.

'Di Kabupaten Sukamara ada 32 desa, dikurangi 11 desa yang sudah ODF berarti ada 21 desa lagi yang masih dalam proses agar bisa menyusul menjadi desa yang bebas dari prilaku BAB sembarangan,' terangnya.

Lamsidi mengatakan, bahwa saat ini Kabupaten Sukamara sudah mencapai Open Defecation Free (ODF) sekitar 30 persen dari target 100 persen yang harus dicapai pada tahun 2019 mendatang. Dan untuk mencapai target tersebutadvokad jajaran Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kabupaten Sukamara tahun 2017 yang pihaknya gelar saat ini merupakan salah satu upaya Dinas Kesehatan Sukamara dalam percepatan.

'Diharalnan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pencepatan program akan terus kita lakukan,' ucapnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru