Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

60 Desa di Kobar Krisis Air Bersih

  • Oleh Cecep Herdi
  • 12 April 2017 - 15:24 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 60 desa di enam kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini masih mengalami krisis air bersih.

"Banyak faktor yang menyebabkan desa-desa itu krisis air bersih di antaranya sumber mata air yang jauh, airnya tercemar, musim kemarau," kata Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar, Alfa Husain di ruang kerjanya, Rabu (12/4/2017).

Ia mengatakan saat ini pemerintah terus berupaya membuat sumber bahan baku air bersih di antaranya pembuatan sumur bor, pengolahan sumber air baku yang berasal dari sungai. "Kami terus berupaya menyediakan sumber air baku, tahun ini saja kami targetkan 20 desa yang didanai dari pusat dan daerah," ujar dia.

Seperti di Desa Amin Jaya Kecamatan Pangkalan Banteng, warga di sana saat musim kemarau terpaksa membeli air galon dari tangki milik swasta untuk kebutuhan MCK dan konsumsi. Sebab saat musim kemarau, sumur di sana kering.

Di Dusun Suayap, Desa Umpang Kecamatan Arut Selatan. Warga disana mengandalkan air sungai yang keruh untuk kebutuhan air minum karena loksi desa mereka terpencil dan sulit mendapatkan sumber air bersih. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru