Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

  • Oleh Ramadani
  • 12 April 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Robansyah mengimbau masyarakat supaya sadar akan kebersihan dan pola hidup sehat untuk mencegah munculnya kasus demam berdarah dengue (DPD).

Selain menjaga kebersihan dan pola hidup sehat, masyarakat juga hendaknya melakukan upaya-upaya mandiri berupa program 3M plus, serta yang tidak kalah penting yakni segera membawa korban DBD ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

'Sesuai dengan tupoksi kami (Dinas Kesehatan) mengarahkan petugas di lapangan melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan,' ungkapnya, Rabu (12/4/2017), setelah melihat kondisi pasien DBD di RSUD Muara Teweh.

Ia juga meminta masyarakat memastikan bahwa tidak ada tempat untuk nyamuk bersarang, seperti pagar yang dapat menampung air, kaleng bekas, ban bekas, serta barang-barang tidak terpakai yang dapat menampung air.

Masyarakat, katanya, harus memastikan bahwa rumah jangan ada satu jentik nyamuk pun. 'Memang fogging selama ini kita lakukan, namun hanya membunuh nyamuk dewasa, jentik nyamuk tidak mati, dan jentik ini akan menjadi nyamuk dewasa dalam waktu tiga hari saja,' imbuhnya.

Untuk itu, dia juga menyarankan agar masyarakat menabur abate di tempat penampungan air. Untuk mendapatkan abate, masyarakat bisa mendatangi tempat-tempat pelayanan kesehatan. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru