Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Sugianto Ingin Kembangkan SMK dan Revitalisasi Balai Latihan Kerja

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 April 2017 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi fokus pembangunan di Kalimantan Tengah untuk lima tahun ke depan. Penegasan ini disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menanggapi kesiapan masyarakat menghadapi 'percaturan' ketenagakerjaan era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini.

Menurut Gubernur, pemerintah perlu segera mempersiapkan generasi muda terampil dan siap kerja melalui pengembangan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berkaitan erat dengan pendidikan vokasi. Hal itu perlu ditindaklanjuti dengan upaya revitalisasi balai latihan kerja (BLK).

'Dalam rangka peningkatan SDM di Kalteng yang lebih terampil dan siap kerja, perlu diprogramkan antara lain pembangunan atau pengembangan SMK unggulan, serta revitalisasi BLK," kata Gubernur kepada Borneonews, Rabu (12/4/2017).

Gubernur muda ini juga menekankan pentingnya pengembangan pendidikan kepariwisataan. Karena, menurutnya, keanekaragaman hayati yang tersimpan di Kalteng 'layak jual' di pentas regional maupun dunia. Kekayaan alam yang ada masih tergolong alami, hanya saja belum terkelola dan 'dipoles' dengan baik. Untuk mengelola dan memolesnya diperlukan tenaga terampil.

'Karena itulah perlu dilakukan manajemen yang baik untuk menjual kepariwisataan Kalteng yang unik dan penuh nuansa etnik ini sehingga digemari wisatawan luar Kalteng,' sebutnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru