Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMA Negeri 1 Pangkalan Bun jadi Andalan Kalteng Raih Adiwiyata Mandiri

  • Oleh Cecep Herdi
  • 13 April 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - SMA Negeri 1 Pangkalan Bun kembali menjadi sekolah andalan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam ajang penghagaan Adiwiyata tingkat nasional. Sekolah yang biasa dijuluki Smansa ini merupakan satu-satunya sekolah di Kalteng yang masuk dalam verifikasi awal Adiwiyata Nasional tahun ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Sekolah lain tidak lolos dalam kelengkapan administrasinya," ujar Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng, Yanuarti.

Smansa mulai mendapat penghargaan prestisius ini pada Desember 2013 lalu. Dari sembilan sekolah dari berbagai tingkatan di seluruh Indonesia, Smansa berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dengan menyingkirkan sekitar 463 sekolah di seluruh Indonesia yang mengikuti nominasi tersebut.

"Verifiksi sudah selesai dan tinggal mengirimkan ke pusat dan bulan Mei mendatang akan ada tim verifikasi dari pusat yang juga akan melakukan penilaian di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun," ujar Yanuarti.

Kasi Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kalteng, Rihanae menjelaskan, Adiwiyata Mandiri itu penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian LHK kepada sekolah. "Penghargaan itu diberikan atas penilaian terhadap sekolah yang mampu mengaktualisasikan budaya lingkungan di semua aspek kegiatan sekolahnya," kata dia.

Kepala SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Rusnah mengungkapkan, untuk persiapan tahun ini pihaknya sudah berupaya keras untuk melengkapi semua persyaratan yang diberikan seperti, dokumen, SK Pembinaan, piagam-piagam keberhasilan kita membina sekolah dan itu pun sekolah yang dibina harus sudah ada yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional.

"Kami sudaj memiliki 10 sekolah binaan, lima diantaranya sudah berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional," katanya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru