Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Posko Utama Karhutla di Kantor Satpol PP Kobar

  • Oleh Cecep Herdi
  • 13 April 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Posko utama kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2017 ditetapkan di Kantor Satpol PP dan Damkar Kobar. Sementara tahun lalu, posko siaga karhutla didirikan di kantor BPBD Kobar, Jalan Paku Negara, Pangkalan Bun.

"Posko utama karhutla Kabupaten Kobar tahun ini sudah dibentuk, lokasinya di kantor eks Dinas Kehutanan atau sekarang kantoe Satpol PP, Jalan HM Rafii," ujar Kepala BPBD Kobar, sekaligus Plt Kepala Satpol PP Kobar, Hermon F Lion, Kamis (13/4/2017).

Sementara untuk posko karhutla pendukung Hermon menjelaskan akan dibangun di setiap desa dan enam kecamatan. "Untuk posko pendukung kita akan bangun di tiap kantor desa dan kecamatan, nanti kita kordinasi dengan kepala desa dan camatnya," ujar Hermon.

Menurut Hermon fungsi posko untuk titik fokus koordinasi dengan seluruh pihak, baik masyarakat, pemerintah, atau tim penanganan karhutla. Di sana juga nanti akan ditempatkan unit damkar serta peralatan dan petugas tim penanganan karhutla.

"Masyarakat yang melihat atau mengetahui adanya kebakaran hutan atau lahan juga bisa melapor ke posko utama atau posko di kantor desa atau kecamatan," ungkapnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun, memprediksi musim kemarau akan mulai sejak Juni 2017. "Saat ini masih masuk musim hujan, bahkan bulan ini puncaknya musim hujan," ujar Kepala BMKG Pangkalan Bun, Lukman Soleh. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru