Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Mulai Data Kesiapan Setiap Perusahan Hadapi Karhutla

  • 14 April 2017 - 18:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat (Kobar) mulai mendata kesiapan perusahaan yang beroperasi di Kobar untuk menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kobar, Reneli mengungkapkan, pendataan yang dilakukan pihaknya untuk memastikan ketersediaan peralatan pemadaman kebaran (Damkar) dan unit damkar yang dimiliki seluruh perusahaan di Kobar.

Reneli menyebutkan, mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kobar, kesiapan personil serta peralatan memadahi sangat diperlukan. 'Kita akan ajak pihak swasta dan masyarakat untuk ikut menanggulangi Karhutla,' ujar Reneli kepada Borneonews, Jumat (14/4/2017).

Saat ini, BPBD bersaam TNI AD dibantu Polres Kobar telah membentuk tim untuk melakukan inventarisasi sarana dan prasarana peralatan damkar yang dimiliki oleh seluruh perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Kobar.

Kegiatan pendataan tersebut, ujar Reneli, terbagi atas pendataan inventarisasi peralatan pemadam kebakaran, jumlah anggota atau personel pendukung dan rencana aksi penanggulangan krbakaran tahun 2017. 'Jadi seluruh perusahaan yang ada, sebelumnya sudah menandatangani MoU, dalam surat itu perusahaan bertanggungjawab atas bencana karhutla yang terjadi di daerahnya,' tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-8)

Berita Terbaru