Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Targetkan Semua Desa Sebagai Siaga Api

  • 14 April 2017 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang musim kemarau Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPD) menargetkan semua desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai siaga api.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kobar Reneli menyebutkan, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa dan merintis pemebentukannya. 'Targetnya saat datang musim kemarau semua desa sudah menjadi desa siaga api,' ucapnya, Jumat (14/4/2017).

Terkait target itu, kata dia, memang belum semua desa terbentuk sebagai desa siaga api. Namun dalam waktu dekat bakal terus digencarkan untuk pembentukannya. Khususnya wilayah desa yang terdapat potensi kebakaran tinggi harus segera dibentuk. 'Terpenting, memberikan kesadaran kepada masyarakat jika membakar lahan itu dilarang. Dengan begitu Karhutlah bisa diminimalisir,' ujarnya.

Dalam beberapa kali melakukan sosialisasi, lanjut Reneli, pihaknya tidak hanya melarang warga melakukan pembakaran. Namun pihaknya juga memberikan solusi untuk membuka lahan. 'Salah satunya dengan menggunakan bahan kimia dengan disemprot itu juga bisa. Sehingga tidak selalu dibakar,' ujarnya.

Solusi lain, imbuh Reneli, yakni menggunakan alat berat, untuk membuka lahan yang luas. Memang untuk menggunakan alat berat ini cukup mahal dan biasanya dilakukan bagi perusahaan saja. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-8)

Berita Terbaru