Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketimbang Ayam, Jamur Krispi Lebih Menguntungkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 April 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menjadi penjual ayam krispi selama hampir lima tahun membuat Alqoni (35) tahu persis seluk beluk bisnis ini. Mulai dari bahan-bahan, harga modal sampai keuntungan yang didapatkan.

Wajar saja jika Alqoni bisa menyebut, mengolah dan menjual Jamur Krispi lebih menguntungkan ketimbang ayam. "Kalau mau bicara untung-untungan jelas lebih untung kita jual jamur krispi. Harga belinya lebih murah karena saya ambil langsung ke petani jamurnya, harga jualnya sama dengan harga ayam krispi," jelas pria yang berasal dari Kediri, Jawa Timur ini, Sabtu (15/4/2017).

Pria yang sudah menetap di Palangka Raya sejak 1994 ini menyebut untuk jamur krispi ia bandrol seharga Rp6.000 per porsi, sama dengan harga sepotong ayam. "Kalau ayam kan satu ekor itu dibagi menjadi sayap, dada, paha atas, paha bawah dikali 2 jadi delapan potong. Harga per ekor dengan hitungan sekilo taruhlah Rp30.000 maka modal untuk satu potong sudah Rp3.750, belum bahan-bahan lainnya seperti bumbu, tepung dan minyak goreng," rinci Alqoni.

Itupun kalau harga ayam Rp30.000 per kilogram, kalau lebih mahal akan beda lagi. Sementara untuk jamur tiram, Alqoni mengaku mendapat harga hanya Rp25.000 per kilogram dan ini konstan, tidak berubah.

"Ini karena kita beli langsung dari petaninya sehingga dapat harga murah dan harga yang selalu sama." (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru