Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Bertekad Pertahankan Empat Kali Juara Catur Tingkat Provinsi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 April 2017 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Palangka Raya bertekad mempertahankan gelar empat kali berturut-turut juara catur pada kejuaraan catur tingkat provinsi yang akan dihelat di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Mei 2017 mendatang.

"Kami sudah juara empat kali berturut-turut. Kita berharap, dapat juara umum yang kelima kalinya," kata Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), Palangka Raya Rinawati Limonu di Aula KONI Kalteng seusai pembukaan kejuaraan catur senior dan junior putra-putri, Sabtu (15/4/2017).

Dia menuturkan, kejuaraan catur tingkat Kota Palangka Raya yang diikuti 96 peserta dan berakhir pada Selasa (18/4/2017) itu sebagai langkah persiapan menghadapi kejuaraan tingkat provinsi tersebut. Sekaligus persiapan menghadapi Kejurnas di Jakarta nantinya. "Kita berharap, dapat menjaring atlet catur yang handal," tuturnya.

Kejuaraan catur tingkat kota ini dibuka oleh Wali Kota Palangka Raya Riban Satia. Kemudian ditandai dengan pertandingan pembuka yang mempertemukan antara Gerar, murid kelas V, SD Katolik Don Bosco melawan Jonathan, murid kelas V, SDN Percobaan.

Menurut Riban, olahraga catur di Palangka Raya sudah lumayan maju ketimbang empat tahun lalu yang kalah jika dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya.

"Ini adalah olahraga yang paling ringan. Tidak terlalu mengeluarkan energi dalam tanda petik tenaga. Tapi otaknya yang diasah," ucap Riban.

Selain mengasah pikiran, lanjut Riban, keterlibatan anak-anak dalam olahraga tersebut memiliki manfaat besar, karena mereka tidak melakukan hal negatif, seperti menghabiskan waktu bermain game online.

"Olahraga paling elegan ya catur. Karena tidak banyak modal. Cuma catur saja," pungkas Riban. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru