Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Gorengan Ini Langsung Beli Singkong ke Petani

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 April 2017 - 16:24 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seperti dia berkomitmen menghidupkan petani jamur dengan membeli langsung tanpa perantara, Alqoni juga membeli singkong kristal langsung kepada petani.

"Selain saya bisa dapat dengan harga lebih murah, biasanya petani bisa menjual dengan harga wajar, lebih dari harga kalau dia jual ke tengkulak," kata pria asal Kediri, Jawa Timur ini kepada Borneonews.co.id, Sabtu (15/4/2017).

Dia prihatin mendapati harga yang didapat petani jika menjual kepada tengkulak sangat murah, sementara ketika sudah sampai ke pasar, harganya melambung tinggi.

"Ini saya dapat harga Rp5.000 per kilo, padahal ini singkong kristal. Kalau petani jual ke tengkulak katanya cuma dapat Rp2.000 per kilonya. Tidak tau kalau di pasar sekarang berapa harganya," katanya.

Pria yang telah menetap di Palangka Raya sejak 1994 ini mengatakan sama halnya dengan jamur tiram. Menurutnya, jika ia membeli di pasar, artinya Alqoni membeli jamur melalui perantara. Seperti perantara pada umumnya, mereka akan mengambil untung dari harga pembelian asli sehingga Alqoni akan menerima harga jamur yang lebih tinggi.

"Kalau di pasar saya dapat jamur tiram seharga Rp40.000 per kilo. Sementara dengan petani langsung harganya hanya Rp25.000. Jadi saya bisa dapat keuntungan lebih jika membeli ke petani. Belum lagi kita tidak tahu apakah tengkulak yang mengambil jamur ke petani itu seharga Rp25.000 seperti kalau petani menjual ke kita. Biasanya tengkulak akan meminta harga serendah-rendahnya agar mendapat keuntungan lebih besar. Artinya dengan kita membeli langsung ke petani, secara tidak langsung kita juga memberi harga yang wajar dan lebih menguntungkan bagi petani. Ini yang saya katakan agar kita sama-sama hidup," jelas pria yang sebelumnya telah menjadi penjual ayam krispi selama hampir 5 tahun ini diplomatis. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru