Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tukang Gorengan Ini Naikkan Derajat Singkong

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 April 2017 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Singkong identik dengan makanan kampung. Padahal singkong paling berjasa di masa perjuangan. Dan komoditas ini konon merupakan makanan pokok penduduk Nusantara sebelum mengenal beras, puluhan abad lalu. 

Yang pasti, menanam singkong sangatlah mudah. Kita hanya tinggal memotong batangnya dan menanamnya di tanah. Sesederhana itu. Tapi mungkin, karena kesederhanaannya justru singkong kemudian dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Singkong selalu dihargai sangat murah. Padahal untuk mendapatkan kualitas yang baik, singkong juga memerlukan pupuk dan perawatan yang baik.

Hal inilah yang menjadi misi Alqoni, yaitu menaikan derajat tumbuhan yang diremehkan orang ini. Caranya pun unik, dengan membeli langsung singkong kepada petani singkong, bukannya membeli di pasar. Dengan begitu, petani singkong dapat menjual dengan harga normal tanpa dibayang-bayangi tengkulak.

"Saya prihatin petani singkong itu menjual hasil pertaniannya sangat murah kepada tengkulak, hanya Rp2 ribu per kilogram. Sementara di pasar kita belinya berapa Inilah, saya lebih baik beli ke petani langsung dengan harga normal, petani akan dapat untung lebih besar," kata Alqoni yang sehari-hari berjualan gorengan di bilangan RTA Milono dan Seth Adji, Sabtu (15/4/2017).

Cara lainnya, ialah menciptakan menu Singkong Goreng Keju. Maka semakin tinggilah derajat singkong ini. "Kenapa singkong keju, dicoba saja dulu singkongnya, ada rasa kejunya tidak Caranya Rahasia," kata Alqoni seraya tersenyum.

Memang singkong jenis kristal ini tidak hanya dijual setelah digoreng. Alqoni bahkan tidak menyediakan petis untuk cocolan singkong ini. Tapi singkong yang merekah ini bahkan sudah memiliki rasa keju saat kita menggigitnya. Untuk Anda yang mau mencoba bahkan Anda tidak harus membelinya dulu, Alqoni menyediakan tester jika Anda ingin mencoba sebelum membelinya.

"Coba dulu, kalau enak ya silakan beli. Kalau seperti singkong biasa ya ndak usah beli," tambahnya. (TESTI PRISCILLA/B-10)

Berita Terbaru