Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini Dinkes Seruyan Lebih Siaga Serangan DBD

  • Oleh Parnen
  • 16 April 2017 - 21:24 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan, tahun ini sangat menyiagakan upaya antisipasi ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kecamatan. Sebabnya, tingkat penderita DBD tahun 2016 lalu, cukup tinggi.

"Contoh saja, di Desa Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu. Di sana, pada 2016 lalu sedikitnya pernah terjadi 25 kasus DBD yang terjadi. Sedangkan warga penderitanya dari hasil pemeriksaan tim kesehatan yang bertugas di sana dari laporan yang kita terima, umumnya dari pihak puskesmas setempat, mengalami penunjukan gejala klinis DBD," kata Kepala Dinkes Seruyan, Mahdiniansyah, Minggu (16/4/2017).

Adanya kejadian terkait DBD tahun lalu itu, lanjut dia, pihak dinasnya terpaksa menetapkan Kecamatan Seruyan Hulu sebagai daerah kejadian luar biasa (KLB).

"Nah, sampai saat ini di 2017 kita intensifkan pada upaya pencegahan sekaligus sosialisasi langkah ke masyarakat. Tujuannya, agar warga dapat turut proaktif bersama mencegah terjadi atau munculnya serangan DBD ini," ujarnya.

Dia menambahkan, salah satu upaya aktif dari masyarakat Seruyan dalam bersama menanggulangi DBD tersebut, upaya mudah namun butuh perhatian khusus soal DBD, adalah melalui mengaplikasikan langsung upaya pecegahan dengan pola penerapan 3M (menguras, menutup dan mengubur) barang-barang atau benda baik didalam ataupun yang diluaran rumah supaya tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

"Belakangan, cuaca sering masih tak menentu, kadang panas, kadang juga turun hujan. Dimana saat hujan, beberapa tempat tertampungnya air hujan sangat berpotensi mengundang munculnya bibit penyakit tersebut. (PARNEN/B-10)

Berita Terbaru