Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anjing di Desa Perbatasan Jadi Target Utama Vaksinasi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 April 2017 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anjing di desa perbatasan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi target utama vaksin anti rabies (VAR).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kobar Haryo Prabowo, Senin (17/4/2017), menuturkan vaksinasi terhadap anjing di desa perbatasan dilakukan supaya tidak tertular virus rabies dari anjing di daerah lainnya.

"Pemberian vaksin di desa-desa yang wilayahnya berbatasan dengan kabupaten tetangga diharapkan anjing peliharaan warga di desa-desa tersebut kebal terhadap lyssavirus atau virus rabies. Jadi kasus rabies diharapkan tidak lagi terjadi di Kabupaten Kobar," ujarnya.

Beberapa desa di daerah perbatasan yang menjadi sasaran petugas Disnakkeswan Kobar di antaranya Babual Baboti dan Desa Tempayung di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam). Beberapa bulan lalu, dua desa itu juga sudah dikunjungi petugas Disnakkeswan untuk vaksinasi.

"Awal April 2017 ini, petugas juga telah mendatangi Desa Ipuh Bangun Jaya dan Desa Palih Baru di Kecamatan Kolam untuk melakuikan kegiatan serupa. Syukurlah, lantaran daerah perbatasan telah kita berikan vaksinasi. Sementara ini masih belum ada kasus gigitan anjing terindikasi rabies di wilayah Kabupaten Kobar. Semoga hal ini tidak terjadi lagi," ujarnya. (YUDHA/B-3)

Berita Terbaru