Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kader Bela Negara Wajib Mantapkan Pemahaman

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 April 2017 - 23:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menegaskan kegiatan pembentukan kader bela negara dilakukan guna meningkatkan dan memantapkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesadaran bela negara. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan lahir para kader penyebarluasan kesadaran bela negara yang berasal dari para tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda di wilayah Provinsi ini.

'Pembentukan kader, bertujuan agar nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,' kata Sugianto, Senin (17/4/2017).

Gubernur Sugianto, bertindak selaku inspektur upacara di halaman Yonif 631 Antang, Palangka Raya Senin pagi, dalam rangka apel pembentukan Kader Bela Negara, dan berpidato dihadapan 129 peserta yang terdiri dari pemuda se-Kalteng.

Para peserta, sambung gubernur, tidak saja menjadi panutan akan tetapi lebih dari itu, juga melalui peran ketokohannya akan berperan penting sebagai agen perubahan sekaligus garda terdepan turut menumbuhkembangkan semangat dan kesadaran bela negara ini kepada masyarakat dimana pun berada.

Karena itu menurutnya, dengan tuntutan yang demikian maka peserta harus memiliki wawasan pertahanan dan kesadaran bela negara, sebagai implementasi hak dan kewajiban warga negara sebagaimana diatur dalam konstitusi.

'Sekaligus sebagai landasan dalam mewujudkan provinsi Kalteng yang 'Berkah' (bermartabat, elok, religius, kuat, amanah, dan harmonis) dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia (NKRI),'tutupnya. (ROZIQIN/B-10)

Berita Terbaru