Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Diimbau Tidak BAB di Sungai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 April 2017 - 22:04 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Kabupaten Katingan diimbau tidak buang air besar (BAB) di sungai. Pasalnya buang BAB di sungai, menyebabkan sungai tercemar dan juga munculnya berbagai macam penyakit.

Imbauan ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, Alimansyah kepada Borneonews.co.id Senin (17/4/2017).

Selama ini kata Alimansyah, hampir di sepanjang Sungai Katingan tidak jarang masih ditemui jamban untuk BAB itu. "Sebagian masyarakat masih terbiasa dengan kebiasaan para orangtuanya dulu mandi, cuci buang air besar itu seperti di Sungai Katingan," katanya.

Namun sebagian masyarakat lainnya sudah meninggalkan pola lama itu dengan membangun kakus di darat. "Sekarang Dinas Kesehatan sedang gencar melakukan sosialisasi, yaitu sosialisasi sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), ini termasuk mengimbau warga tidak lagi BAB di sungai," katanya.

Mengubah kebiasaan masyarakat, kata Alimansyah, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun membutuhkan waktu agar masyarakat mengubah kebiasaan buang air besar di sungai beralih ke darat.

"Kalau lingkungan sekitar kita bersih dan tidak tercemar, maka penghuni rumah yang ada juga akan sehat, namun kalau lingkungannya tercemar maka akan menjadi sumber penyakit," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru