Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Media Penting untuk Mengawasi Spekulan Sembako

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 April 2017 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Dody Edward meminta semua pihak ikut serta mengantisipasi dan mewaspadai pihak yang 'mengoyak' kestabilan harga terutama harga sembilan kebutuhan pokok (Sembako) di Palangka Raya dan Kalteng pada umumnya. Ia pun menyebut peran media adalah penting, kenapa

'Media juga berperan penting, untuk beritakan stok yang tersedia, sehingga masyarakat luas terinformasi dengan baik dan tak perlu sampai menimbun barang, lalu ketika ada informasi kendala tertentu bisa disampaikan kepada pihak terkait,' kata Dody, Senin (174/2017).

Semua pihak, lanjutnya, harus bantu sosialisasikan supaya masyarakat mensikapi dengan bijak saat membeli kebutuhan bahan pokok, tak perlu memborong atau bahkan menimbun, gara-gara kekhawatiran berlebih dan sebagainya.  

'Hal demikian ketika ada aksi penimbunan atau ada spekulan yang diduga bermain, supaya disampaikan ke pihak terkait, agar pelaku spekulan bisa dilakukan penyelidikan oleh pihak berwenang. Hal ini perlu disampaikan, agar kita bisa jaga harga itu sendiri sampai ke konsumen dengan harga wajar,' tandasnya.

Selain itu, ia mengimbau agar larangan agar tidak melakukan timbun supaya disampaikan ke pihak terkait secara luas. Bahkan harus disosialisasikan mulai ibu rumah tangga hingga tokoh agama, supaya mensikapi dengan bijak tak perlu memborong benar-benar membumi.

Sebelumnya, menilai harga-harga komoditas di Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya Palangka Raya masih dalam taraf wajar, terkendali, dan stabil. Ini disampaikan Dody karena pagi hari tadi ia sempatkan menengok satu pasar di Palangka Raya, yaitu Pasar Besar Jalan A Yani. (ROZIQIN/B-10)

Berita Terbaru