Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Kasongan Malam Hari Kembali Gelap Gulita

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 April 2017 - 06:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jembatan Kasongan yang melintang di atas Sungai Katingan di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, kalau malam gelap gulita karena lampu penerangan kembali tidak berfungsi, sekitar sepekan terakhir. Kondisi yang sama pernah menjadi sorotan Borneonews, Rabu (8/2/2017) malam.

Sebelumnya awal Januari 2017,lampu penerangan di Jembatan Kasongan ini juga tidak menyala saat malam hari. Namun setelah diberitakan, penerangan di jembatan kebanggaan warga Kabupaten Katingan ini kembali menyala seperti sebelumnya.

Kini sejak seminggu terakhir kondisi jembatan tersebut kalau malam tampak gelap gulita. Walaupun ada penerangan, itu berasal dari kendaraan yang melintas malam hari.

Padamnya lampu di Jembatan Kasongan ini dikeluhkan warga Kasongan. Pasalnya jika kondisi gelap, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalulintas di jembatan itu.

"Sering paman pentol yang membawa gerobak tanpa penerangan itu melintas di jembatan saat malam hari, sehingga rawan terjadi kecelakaan," ujar Toni warga Kasongan, Senin (17/4/2017).

Toni berharap kepada pihak dinas terkait yang menangani masalah penerangan jalan umum (PJU) termasuk di Jembatan Kasongan ini segera memperbaikinya jika memang ada kerusakan.

"Kalau misalnya bohlamnya mati ya segera diganti,jangan dibiarkan sampai beberapa hari, sebab kalau kondisi jembatan gelap rawan sekali terjadi kecelakaan," imbuhnya. 

Rabu (8/2/2017) malam, sejumlah warga pengguna jalan yang melintas di jembatan ini, juga mengeluhkan kondisi jembatan gelap itu. "Soalnya kondisi Jembatan Kasongan itu gelap gulita, dan tidak ada satupun lampu penerangan yang menyala di jembatan itu," tutur Nano, warga Kasongan yang baru melintasi jembatan ini.

Nano mengaku kondisi Jembatan Kasongan yang gelap gulita ini sudah berlangsung sejak sepekan terakhir. "Kita gak tahu apa sebabnya, padahal lampu-lampu di sepanjang jembatan itu masih terpasang. Saya kira ada pemadaman listrik pas lewat jembatan, tapi setelah sampai seberang lampu hidup, berarti memang lampu di jembatan itu tidak berfungsi." 

Sementara menurut pantauan borneonews.co.id sedikitnya ada 15 bola lampu ukuran besar terpasang di sepanjang jembatan ini. Namun tak satupun yang menyala. Jembatan Kasongan ini setiap hari selalu ramai dilalui berbagai kendaraan bermotor, terutama dari arah Sampit dan Palangka Raya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru