Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan: Ada Camat Lakukan Pungutan Liar Dana Desa!

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 April 2017 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sakariyas mengungkapkan, ada camat di daerahnya yang melakukan pungutan liar (Pungli) Dana Desa (DD) tahun 2016 lalu.

Tudingan orang nomor dua di Bumi Penyang Hinje Simpei ini dibeberkan saat ia membuka acara pendidikan dan pelatihan pelayanan publik bagi ASN di Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerntahan Desa (BPMPD), Selasa (18/4/2017).

Namun, Sakariyas tidak mengatakan secara gamblang camat mana dan siapa nama dituding itu. 

"Saya berharap tidak ada pungli-pungli. Apalagi sampai memotong dana desa, saya sampaikan ke Tim Saber Pungli terkait informasi yang saya terima bahwa ada camat yang memotong dana desa itu," ungkap Wakil Bupati Sakariyas.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut usai membuka acara, Sakariyas mengaku jika dana desa yang dipotong itu sebesar Rp10 juta per desa.

"Saya tidak mungkin bicara begini kalau tidak ada informasi, dan saya juga tidak menyatakan ia atau tidak, sebab kita ada Tim Saber Pungli," katanya.

Menurutnya, dirinya sudah menyampaikan kepada Tim Saber Pungli terkait informasi adanya camat yang melakukan pungutan liar tersebut.

"Kalau nanti dari hasil penelitian Tim Saber Pungli menyatakan benar ada pungli itu, saya minta ya harus diproses secara hukum," katanya.

Sakariyas mengungkapkan kalau dari informasi itu, jika tidak memberikan uang Rp10 juta, maka camat yang bersangkutan tidak bersedia memberikan surat pengantar kepada pihak terkait.

"Saya sudah sampaikan ke Tim Saber Pungli, dan saat ini mereka sedang bekerja, dan tim akan segera turun melakukan pemeriksaan," imbuhnya.

Pernyataan Sakariyas yang menuding ada camat melakukan pungli dana desa, menyebabkan puluhan peserta pendidikan dan pelatihan tampak seksama menyimak kata-kata yang dilontarkannya itu. Terlebih  pernyataan tersebut dilontarkan di forum resmi. (ABDUL GOFUR/B_5)

Berita Terbaru