Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kapuas Targetkan Partisipasi Pemilih Pemula Tinggi

  • 18 April 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas berharap partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 2018 tinggi. Untuk itu, mereka gencar menggelar sosialisasi hingga ke sekolah-sekolah. Sosialisasi antara lain dilakukan dengan cara menghadiri upacara hari Senin. Di upacara itu, anggota KPU bertindak sebagai inspektur upacara.

"Kita selalu sosialiasi ke sekolah agar partisipasi pemilih pemula lebih meningkat dan target 80 persen," kata Bardiansyah, Ketua KPU Kapuas, Selasa (18/4/2017).

Dia menjelaskan, pemilih pemula nantinya kebanyakan adalah para siswa yang saat ini duduk di kelas 10 sampai kelas 12 SMA. Saat pilkada 2018 digelar, kebanyakan dari mereka telah menginjak usia 17 tahun.

Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan seluruh SMA di 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas untuk efektivitas pelaksanaan sosialisasi itu. "Kita berpatakon pada pemilihan kemarin, terjadi penurunan peserta pemilih, baik legislatif, pemilihan presiden dan gubernur," ungkapnya.

"Kami menyampaiakan kepada mereka apabila sudah berusia 17 tahun dan sudah menikah berhak menggunakan hak pilihnya, baik itu pemilihan presiden, legislatif, gubernur dan bupati. Dan wajib memiliki e-KTP, kalau tidak ada hak pilihnya akan hilang," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-10)

Berita Terbaru