Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lembaga PNF Diminta Persiapkan Data Akreditasi

  • Oleh Dewi Kencana Waty
  • 10 April 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Akreditasi Provinsi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAP PAUD dan PNF), Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, kembali menurunkan asesor untuk melakukan visitasi ke lembaga PAUD dan PNF di wilayah setempat.

Sejalan dengan itu, Ketua BAP PAUD dan PNF Kalimantan Tengah HM Norsanie Darlan meminta lembaga PAUD dan PNF mempersiapkan data agar proses penilaian akreditasi berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan ialah sinkronisasi data lembaga, sehingga tim visitasi akan melakukan penilaian dengan baik.

'Akreditasi program satuan PNFI penting dalam meningkatkan mutu pendidikan nonformal, sekaligus dapat memberikan acuan kepada lembaga untuk mengevaluasi program lembaga,' katanya, kemarin, di Palangka Raya.

Norsanie menjelaskan, akreditasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur formal maupun informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan, berdasarkan kriteria yang bersifat terbuka.

Kriteria tersebut mencakup standar nasional pendidikan yang terdiri atas standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala.

'Data-data yang diperlukan meliputi profil lembaga, telah melakukan kegiatan-kegiatan PNF minimal satu tahun setelah mendapat izin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah melakukan evaluasi diri secara sistematis dan teratur, dan dapat dijamin kualitasnya,' katanya. (DEWI KENCANA WATY)

Berita Terbaru