Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

70 Siswa SMA Dilatih Menjadi Pemimpin

  • Oleh Dewi Kencana Waty
  • 11 April 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 70 siswa SMA se-Kalimantan Tengah dipersiapkan menjadi pemimpin. Para siswa yang merupakan pengurus OSIS itu digodok melalui latihan dasar kepemimpinan (LDK).

LDK yang digagas Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah itu dipusatkan di Palangka Raya, 9-11 April 2017. Ketua panitia Andreas mengatakan, kegiatan itu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjalankan organisasi di sekolah. Dalam kegiatan tersebut, para peserta dijejali materi pengetahuan dasar kepemimpinan sebagai bekal menghadapi tantangan zaman, sekarang dan di masa yang akan datang.

'Pelatihan ini melibatkan fasilitator dan narasumber dari unsur pendidik,' kata Andras.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Gazali Rahman mengatakan, kegiatan pembinaan kesiswaan merupakan bagian dari proses pendidikan karakter di sekolah. Kegiatan itu sebagai upaya menanamkan jiwa kepemimpinan dan cara berorganisasi yang baik sejak dini.

'Pelatihan OSIS dan LDK sangat penting untuk memperkenalkan pengetahuan etika kepemimpinan kepada siswa SMA,' ujarnya.

Selain itu, menurut Gazali, pelatihan tersebut penting untuk mengembangkan organisasi sekolah sebagai wahana untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang berkarakter jujur, adil dan mampu mengendalikan emosi serta bertakwa kepada tuhan.

Menurutnya, dengan memberikan pembekalan tentang berorganisasi untuk meningkatkan jiwa nasionalisme, jiwa kepemimpinan, pengetahuan, dan keterampilan akan melahirkan generasi muda yang tangguh, berkepribadian dan mampu bersaing secara sehat.

'Pelajar merupakan potensi bangsa. Sebab, di pundak merekalah harapan bangsa ini untuk lebih maju. Untuk itu, mereka perlu dibekali pola pemikiran dan skill yang positif, sehingga dapat memberikan masukan dan energi positif bagi bangsa dan negara,' tandasnya. (DEWI KENCANA WATY)

Berita Terbaru