Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sulung Usulkan Pembangunan Jembatan Titian Melintasi Danau Gudang

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 18 April 2017 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Danau Gudang seluas 20 hektare di Desa Sulung, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat akan dilintasi jembatan. Danau yang ditumbuhi berbagai jenis pohon dan tanaman hias ini akan 'dibelah' jembatan yang menghubungkan antarrukun tetangga (RT) di Kampung Pulau, Desa Sulung.

Jalan tersebut rencananya berbentuk jembatan gantung, titian ulin sepanjang 1.200 meter. Ke depannya jalan itu sekaligus untuk media pemasangan jaringan listrik dari Desa Rangda.

Menurut Sektetaris Desa Sulung, Muhammad Hasbulah Noor, sementara ini akses jalan yang menghubungkan dua RT tersebut hanya menggunakan sampan. Pada saat kemarau baru bisa dilalui kendaraan roda dua.

Untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat, pemerintah desa sudah mengusulkan rencana pembangunan jalan penghubung itu pada Musrenbang kecamatan serta mengajukan melalui program corporate social responsibility (CSR) ke Citra Borneo Indah (CBI) Group.

"Alhamdulillah baik melalui musrenbang maupun pengajuan program CSR ke CBI sudah mendapat lampu hijau," terang Hasbulah, Selasa (18/4/2017).

Kawasan Danau Gudang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon besar. Saat air pasang, pemandangannya begitu indah. Separuh batang pepohonan terendam air. Kawasan ini juga ditumbuhi berbagai flora, seperti teratai, anggrek, sarang semut besar serta benalu.

"Kalau nanti selesai dibangun, maka wisatawan bisa melihat semua keindahan itu dari jembatan, kita lihat dulu apakah konsepnya yang cocok berupa jembatan gantung atau titian ulin," imbuh dia. (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru