Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga di Katingan Berlomba Mencalon Jadi Kades

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 April 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejak pemerintah baik pusat maupun daerah menggelontorkan alokasi dana desa (ADD) maupun dana desa (DD) guna memajukan pembangunan desa, sejak saat itu pula banyak warga berlomba ingin mencalonkan diri sebagai kontestan di pemilihan kepala desa (Pilkades) setiap desa mereka.

Banyaknya minat warga yang ingin menjadi kepala desa ini diakui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMdes) Kabupaten Katingan, Kabul Mustiman, Selasa (18/4/2017).

Di Kabupaten Katingan sendiri pada tahun 2017 ini bakal ada 14 desa yang memiliki hajatan pemilihan kepala desa secara serentak itu.

Di antaranya Kecamatan Kamipang ada 2 desa, Kecamatan Pulau Malan 4 desa, Kecamatan Katingan Tengah 4 desa, dan sisanya di wilayah Kecamatan Tewang Sanggalang Garing (TSG) serta Kecamatan Tasik Payawan.

Pilkades secara serentak itu sendiri bakal digelar akhir bulan Juni 2017 mendatang.

Di Kabupaten Katingan pilkades serentak, ujar Kabul Mustiman pertama kali digelar pada 2016 lalu. Kemudian pilkades serentak juga bakal dilaksanakan tahun 2017 ini dan 2019 nanti.

"Pada tahun 2016 lalu pilkades serentak diikuti 21 desa, kemudian tahun 2017 ini bakal ada 14 desa yang akan menggelar, dan tahun 2019 nanti yang paling banyak yaitu ada sekitar 70-an desa," sebut Kabul.

Setyabudi, tokoh masyarakat Katingan menilai dengan banyaknya alokasi anggaran untuk desa, itu menyebabkan tidak sedikit pula minat warga yang ingin menjadi kepala desa. "Anggaran dana desa (ADD) dan dana desa yang cukup besar, itu menyebabkan banyak warga sekarang berminat menjadi kepala desa," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru