Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Sukamara Kesulitan Tangani Pasien Perlu Darah

  • Oleh Norhasanah
  • 18 April 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Tidak adanya Bank Darah di Kabupaten Sukamara membuat RSUD setempat mengalami kesulitan dalam memberikan pertolongan kepada pasien yang membutuhkan darah seperti korban kecelakaan, terlebih apabila korban mengalami luka yang parah.

Dokter Ruang Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Sukamara, Antony mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan darah saat ini, maka pihaknya hanya mengandalkan dari darah yang disumbangkan oleh pendonor.

'Meskipun kita memiliki pendonor, namun dalam memenuhi darah di Sukamara masih terkendala karena tidak adanya tenpat penyimpanan untuk darah golongan darah yang sulit didapatkan,' terang Antony, Selasa (18/4/2017).

Menurut Antony, hal tersebut memang harus menjadi perhatian bersama terutama bagi pemerintah daerah untuk dapat menyediakan Bank Darah, sehingga saat adanya masyarakat yang membutuhkan golongan darah tertentu bisa mendapatkannya dengan mudah.

'Selain itu, dengan adanya Bank Darah juga akan mempermudah RSUD dalam memberikan pelayanan kesehatan karena tidak perlu lagi harus mencari pendonor saat membutuhkan darah secepatnya,' terangnya.

Antony menambahkan, untuk di wilayah Sukamara ada beberapa golongan darah yang dinilai cukup sulit untuk didapatkan, karena pendonor yang ada saat ini kebanyakan memiliki golongan darah O.

'Yang langka untuk didapatkan adalah golongan darah A dan AB, itu sebabnya saat membutuhkan golongan darah jenis ini kita kesulitan untuk mendapatkannya.' ucapnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru