Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Desa Pulau Nibung Mulai Simpan Gabah di Lumbung

  • Oleh Norhasanah
  • 18 April 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Upaya memenuhi kebutuhan benih padi, petani di Desa Pulau Nibung, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, berencana mengaktifkan sistem penyimpanan gabah di lumbung.

Ketua kelompok tani Desa Pulau Nibung, Musbah, mengatakan bahwa selama ini pihaknya memang tidak pernah menyimpan hasil panen di lumbung. Karena hasil panen masih diprioritaskan untuk memenuhi permintaan pasar. 

'Namun setelah adanya penghapusan pemberian bantuan benih dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, kita harus menyisakan hasil panen untuk benih. Jika tidak, petani akan kesulitan untuk menanam ulang,' katanya, Selasa (18/4/2017).

Menurut Musbah, menyimpan gabah di lumbung dinilai menjadi cara yang tepat agar petani tidak mengalami kekurangan benih saat musim tanam. Sehingga sistem pertanian tetap berjalan lancar. 

'Hal ini sudah kita sepakati dengan para petani lainnya. Untuk itu saat panen kali ini kita akan mengutamakan mengisi lumbung terlebih dahulu baru menjual hasil panen bila sudah lebih dari target.'

Ia berharap,meski benih padi mulai dipersiapan oleh petani masing-masing, tidak menyurutkan semangat para petani di Desa Pulau Nibung untuk mengolah lahan dan menjadikan mereka sebagai lumbung padi di Kabupaten Sukamara. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru